11 Item in-game Langka Termahal di Dunia

Belanja di dunia maya bukanlah lagi hal yang sangat aneh untuk saat ini. Dengan kemunculan website website penyedia layanan RMT (Real Money Trading) seperti itemku.com transaksi item game dalam dunia pun semakin mudah dan aman untuk dilakukan.

Tidak jarang seorang gamers mengeluarkan uang nyata hanya untuk mempercantik karakter dalam gamenya, hal itu kadang tidak lebih dari sebuah gengsi dalam bermain game. Tidak hanya item, bagi para gamers yang ber-uang, mereka kadang membeli uang dalam game, tentu saja tujuannya hanya untuk mempercepat permainan, agar tidak membuang buang waktu untuk mengumpulkan gold (mata uang game), mereka juga membeli akun dari game yang sedang mereka mainkan tujuannya juga sama, agar tidak membuang waktu untuk membangun sebuah karakter yang sangat kuat.

Bagi sebagian game, kegiatan RMT di antara pemain dilarang. Tapi, menurut saya itu adalah hal yang tidak adil tentunya, karena seperti yang kita tahu, perusahaan developer game sendiri, menjual berbagai item di Cash Shop. Tentu tidak salah juga jika pemain yang sudah susah-susah bermain game melakukan hal ini. Dengan merujuk kepada 2 sifat manusia (Instan dan Berusaha Keras) sampai kapanpun RMT akan tetap ada.

Sesuai dengan judul Item Game Langka Termahal di Dunia, kali ini saya akan membahas bagaimana beberapa item yang sempat terjual dengan harga yang sangat mahal dalam jagat dunia game:

1. Zeuzo (Word of Warcraft)

Item world of warcraft, zeuzo, games, MMORPG
Zeuzo (World of Warcraft)

World of Warcraft merupakan sebuah game MMORPG yang sangat melegenda, bahkan sampai sekarang pun pemainnya masih sangat banyak. Sayangnya game ini merupakan game bersifat Pay to Play alias beli baru main. Pada masa kejayaan game ini, ada sebuah karakter dalam ras Elf level 70 yang dilengkapi dengan item yang sangat langka. Karakter ini mampu terjual seharga $9,500! Sayangnya Blizzard melarang terjadinya RMT dalam game nya, tidak lama berselang, karakter ini dihapus oleh BLizzard. Sayang sekali, padahal pemilik barunya telah membeli mahal. 🙁

2. Age of Wulin Sword (Age of Wulin)

Item age of wulin, dragon slaying sabre
Age of Wulin

Age of Wulin merupakan game MMORPG sangat diminati di China, bahkan sebelum game ini diluncurkan telah banyak gamers china yang menantinya. Tentu saja itu semua bukan tanpa alasan, Age of Wulin merupakan game yang mengangkat kisah tentang cerita klasik china, semua itu dipadukan dengan gameplay yang sangat menakjubkan. Untuk item dalam gamenya sendiri, sang developer memiliki cara yang unik untuk menjualnya, saat game masih Beta test, mereka melakukan lelang untuk item gamenya. Lelang tertinggi pun dipecahkan oleh sebuah pedang bernama Dragon Slaying Sabre dengan harga fantastis yaitu $16,000, super sekali! Dan yang lebih supernya lagi, pedang itu tidak ada duanya, alias hanya satu-satunya dalam game tersebut, jadi wajar saja.

3. Echoing Fury Mace (Diablo 3)

Item Echoing Fury Mace Diablo 3
Diablo 3

Awalnya item ini bukanlah sebuah item yang istimewa, sehingga pemilik pertama item Echoing Fury Mace hanya menjualnya seharga seharga $250. Setelah beberapa kali berpindah tangan, akhirnya seseorang sadar, item ini merupakan item yang sangat langka dan mematikan. Beruntunglah pemiliknya saat itu, Item ini terjual dengan harga setara dengan motorsport saat ini yaitu sekitar $14,000. 

4. Etheral Flames War Dog (Dota 2)

Item Etheral Flames War Dog Dota 2
Dota 2

Tidak diragukan lagi, Valve sebagai developer Dota 2 sangat sering mengeluarkan item cosmetic untuk gamenya yang satu ini, tidak jarang beberapa item yang ada dihargai dengan sangat mahal. Salah satunya yaitu Etheral Flames War Dogitem ini merupakan courier di Dota 2. courier ini tergolong yang paling unik di Dota 2, karena courier memancarkan sinar merah yang indah. Wajar seorang gamers rela merogoh kocek sebesar $38.000. Di Dota 2 patch lama, umumnya courier tipe War Dog emang ngeluarin pancaran merah, tapi di patch terbaru, penampakan couriernya udah berubah, makanya semacem glitch di courier yang satu ini bisa bikin harganya jadi mahalTerlebih lagi, courier ini terjual dalam waktu 24 jam saja.

5. Amsterdan (Second Life)

Item Amsterdan (Second Life)
Second Life

Dulu kita sering mendengar, “main game cuma ngabisin duit”, saat ini banyak yang menjilat kembali kata kata tersebut. Bagaimana tidak, seorang gamers bernama Kevin Elderman mendapatkan uang sebesar $50,000 dari replika kota yang dibuatnya. Replika ini bukan replika yang main-main, didalamnya kita dapat melihat semua detail kota amsterdam, mulai dari toko-toko, bangunan bersejarah dan restorannya persis dengan aslinya. Sang pembeli akhirnya juga ngebisnisin lagi asetnya. Ia mendapatkan banyak penghasilan melalui retribusi dalam game dari setiap pemain yang mampir ke Kota Amsterdam ini. Konon, pembelinya pun bukan orang biasa, mereka adalah sekelompok pengusaha hiburan yang menamakan diri Threedutch.com.

6. Treasure Island (Entropia)

Item Treasure Island Entropia
Entropia

Dalam Entropia seorang gamers bernama David Stoy menginvestasikan dananya sebesar $26,500 untuk mendapatkan property mewah bernama Treasure Island. Kegilaan pemain ini disebutkan karena pembelian properti virtual dalam sebuah game baru pertama kali dilakukan oleh pemain ketika David membeli Treasure Island. Propertinya sendiri berada di Planet Calypso dan dilengkapi dengan pemandangan pantai yang indah, gunung berapi, dan beberapa tempat yang akan menghasilkan permainan menantang. Seperti yang diketahui, pembelian property ini bukanlah tanpa dasar, karena David sendiri mengenakan pajak kepada siapa saja yang memasuki wilayahnya, dalam waktu setahun akhirnya modal yang diinvestasikan kan David kembali ke kantongnya.

7. The Unique Green Atrox Queen Egg (Entropia)

Item The Unique Green Atrox Queen Egg Entropia
Entropia

Ini merupakan sebuah telur yang langka dalam game Entropia, dan item ini masih berhubungan dengan David Stoy, dia membeli item ini dari seorang bernama John “Neverdie” Jacob dengan harga $70,000, pada tahun 2010. David membeli telur ini berdasarkan isu tentang telur yang menetas dan menghasilkan makhluk langka di dunia Entropia. Benar saja, pada tahun 2013 telur ini menetaskan seekor Feffox, yang merupakan monster langka dalam game Entropia.

8. Monria (Entropia)

Item Entropia
Entropia

Kembali lagi di game Entropia, pada tahun 2013, pengembang entropia Mindark, menjual sebuah properti bernama monria kepada kelompok pengusaha. Sebenarnya bukan menjual propertinya, melainkan menjual saham dari propertinya kepada kelompok investor bernama Modified Akoz Power. Investor tersebut menanamkan modalnya sebesar $150,000, dan mendapatkan tawaran dari Mindark untuk ikut bekerja sama mengembangkan property bulan tersebut. Apapun dan berapapun keuntungan yang didapat dari Monria, mereka akan membagi dua dengan pemilik barunya. Selain itu, melihat potensi Monria yang masih sangat besar untuk dikembangkan, sang investor dibolehkan untuk mengembangkan properti itu seperti mau mereka. Game yang satu ini memang greget.

9. Crystal Palace Space Station (Entropia)

Item Crystal Palace Space Station Entropia
Entropia

Masih dengan game Entropia, di game ini memang banyak item-item dan properti yang berharga fantastis. Di Entropia kita dapat membeli sebuah kapal luar angkasa atau bisa kita sebut spaceship. Kali ini, seorang bernama Buzz Eric Lightyear membeli kapal ini seharga $330,000, itu bukanlah sebuah pembelian yang sia sia, karena ini merupakan sebuah bentuk investasi walaupun ini dalam dunia game. Ia mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari retribusi para pemain yang kemudian mengunjungi kapal itu atau membeli beberapa item dari dalam kapal itu. Kapal ini pun jadi tempat spawn salah satu monster yang banyak diburu oleh para pemain, makanya kapal ini enggak pernah sepi.

10. Club Neverdie (Entropia)

Item Club Neverdie Entropia
Entropia

Ini merupakan sebuah klub malam yang bernama Neverdie, nama ini diambil dari nama sang pemain sendiri yaitu John “Neverdie” Jacob. Dia juga pemilik dari The Unique Green Atrox Queen Egg, mungkin dia memang hobi untuk mengoleksi barang barang langka di game ini. Dari klub malam miliknya, dia mampu menghasilkan $200,000 per tahunnya, itu semua didapat dari retribusi pengunjung dan pajak transaksi yang dilakukan didalam klubnya. Tidak lama kemudian klub ini dijual dengan harga $635,000, lima tahun kemudian klub ini meraup keuntungan sebesar $500,000. Yang lebih ngerinya lagi, pemilik setelah John “Neverdie” Jacob rela menjual rumah nya di dunia nyata pada tahun 2005 hanya untuk membeli klub malam ini.

11. Planet Calypso (Entropia)

Item Planet Calypso Entropia
Entropia

Planet ini dibeli dengan harga $6,000,000, sampai sampai pembelian untuk ini tercatat pada Guiness Book of World Records sebagai item virtual paling mahal di dunia. Planet ini dibeli oleh sebuah perusahaan bernama SEE Virtual World. Tujuan pembelian ini yaitu untuk membantu mengembangkan game entropia. Angka tersebut untuk membayar Planet Calypso dan seluruh fasilitas yang ada di dalamnya. SEE juga mendapatkan akses untuk mengatur planet lain yang berada si sekitar Calypso oleh Mindark, sang pengembang. Asal lo tahu, Planet Calypso ini punya sekitar 950.000 pengunjung setiap tahunnya sejak resmi dibuka pada 2003. Dari angka investasi tersebut, SEE diperkirakan akan mendapatkan keuntungan setelah dua tahun melakukan investasi Planet Calypso.

Itulah beberapa item dan property game yang sangat mahal, pada zaman ini, rasanya bukan hal yang membingungkan lagi jika kita mendengar hal seperti diatas, karena saat ini investasi lebih cenderung diarahkan pada produk virtual, contoh saja Bitcoin, tidak sedikit remaja yang sukses dalam investasi virtual. Jadi saya harap teman-tman mulai melirik investasi virtual, yang paling penting, jangan nafsu dan serakah. Salam hangat 🙂

perdyzeb

Seorang pemuda paruh baya yang mencoba menjadi seorang Internet Marketer

Leave a Reply

%d bloggers like this: