14 Tanda Kamu Sudah Dewasa

Dewasa bukanlah sesuatu yang kita nilai dari umur saja, umur 30 tahunan belum tentu menjadikan seseorang bersikap dewasa. Bahkan ada seseorang dengan umur yang sudah lumayan tua tapi masih bersikap layaknya anak-anak. Lalu bagaimana cara menjadi dewasa? Cara menjadi dewasa itu tergantung dari kita sendiri, sudah sejauh mana kita berjalan, sudah sebanyak apa rintangan yang kita lewati, dan sudah berapa masalah yang kita hadapi.

Banyak dari kita yang berusaha sembunyi di balik tameng “menjadi dewasa”, ya untuk sekadar menjaga image kita di depan orang banyak, tapi bagaimana pun semuanya bakalan terlihat di dalam tingkah laku dan pola hidup kita. Menjadi dewasa bukanlah seperti membalik telapak tangan, karena itu semua tergantung dari pengalaman dan kemauan untuk merubah diri kita.

Bagi teman-teman yang masih ragu, seperti apa dan bagaimana orang dewasa itu, berikut saya akan membahasnya pada kesempatan kali ini.

Tanda tanda kamu sudah semakin dewasa:

  1. Pintar menentukan prioritas hidup

Sebagai seorang yang dewasa, sobat pasti mengetahui apa yang penting dan apa yang tidak penting dalam hidup sobat. Dalam hidup kita pasti mempunya hal yang harus di prioritaskan, sehingga itu berefek ke seberapa efisiennya waktu yang sobat gunakan untuk melakukannya. Ketika sobat telah beranjak dewasa, sobat akan ahli dalam memilah hal hal tersebut, dalam artian sobat akan menghargai waktu sobat walaupun Cuma sedetik.

  1. Sadar akan pentingnya keluarga

Ketika kesibukan bertambah, kita akan kehilangan sosok yang disebut teman, tidak ada yang bisa disalahkan, karena itu merupakan hukum alam. Walau terkadang kesepian dan rasa rindu melanda, sobat sadar itu merupakan seleksi alam, teman teman pasti akan berkurang, tapi yang tersisa merupakan teman teman yang berkualitas.

Ketika momen ini sobat rasakan, sobat akan mengerti betapa keluarga merupakan segala galanya dalam hidup, mereka selalu berdiri di belakang kita, menopang dan menguatkan kita dikala kita terjatuh. Seiring kita menjadi dewasa, kita akan sadar mana orang yang harus kita perjuangkan mati matian dan mana orang yang harus kita lepaskan.

  1. Memahami diri sendiri

Ketika kita menjadi dewasa, sudah saatnya untuk mengikuti apa yang kita mau. Karena kita tidak bisa terus terusan hidup berdasarkan kemauan orang lain, seperti yang kita tahu, bahwa ini hidup kita, kita yang menjalani. Intinya kita paham apa yang kita suka dan tidak kita suka, mengerti akan passion hidup kita, apa impian kita dan bagaimana cara meraihnya.

  1. Punya prinsip hidup

Ketika masa masa remaja, kita semua hampir tidak memiliki prinsip yang teguh dalam hidup kita, tidak sedikit yang kita lakukan merupakan bagian dari ajakan dari teman-teman. Namun ketika dewasa, hal tersebut tidak akan mempan dalam hidup kita, bahkan kita sudah tidak takut lagi untuk menolak ajakan ajakan yang menurut kita tidak penting.

  1. Dikritik keras menjadikan kamu pendengar yang baik

Dikritik memang tidak menyenangkan, apa lagi jika kita di kritik abis abisan. Pasti ada rasa malu dan rasa tidak nyaman saat kita di kritik. Namun saat kita dewasa, kita akan senang mendapatkan kritik, justru dengan hal itu kita tahu apa saja kesalahan dan kekurangan kita, bahkan kita juga tahu mengenai kita dari sudut pandang yang berbeda. Ingatlah, tidak semua kritik yang kita dapat merupakan hal buruk, jadi gunakan lah kritikan tersebut untuk mengintrospeksi diri kita untuk jadi lebih baik

  1. Bisa mengatur keuangan dan kebutuhan sendiri

Saat remaja kita sering kali kelepasan mengenai keuangan, tidak jarang kita uring uringan gara gara tidak punya. Saat dewasa semuanya akan berubah, kita bisa mengatur keuangan kita sendiri, dengan pintar mengatur prioritas tadi, kita akan senantiasa bisa mengatur kebutuhan penting dan tidak, sehingga bisa menghemat pengeluaran kita

  1. Mampu membuat keputusan sendiri

Tanda selanjutnya yaitu kita mampu membuat keputusan kita sendiri, walaupun nanti kita akan meminta nasehat pada orang lain, tapi itu hanya akan menjadi bahan pertimbangan untuk kita. Karena seperti yang kita tahu, keputusan tetap ada ditangan kita

  1. Bisa beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda beda

Saat tumbuh dewasa, kita akan menemukan lingkungan yang tidak menentu, kita akan berjumpa dengan kepribadian yang baru, orang orang baru dan lingkungan yang baru. Tidak semua orang mampu berada disana, tapi kamu mampu untuk melakukannya. Kamu akan memiliki strategi sendiri untuk beradaptasi di lingkungan tersebut.

  1. Tindakan dan perkataan telah kita pertimbangkan baik baik

Ada pepatah dari minang “mangango sabalum mangecek” yang artinya berpikir lah sebelum bertindak. Setelah dewasa pepatah tersebut menjadi pertimbangan untuk kita. Bagaimana tidak, kita akan di hadapkan dengan kondisi yang berbeda beda setiap harinya, jika kita melakukan atau mengucapkan sesuatu yang tidak pada tempatnya, tentu kita akan menerima konsekuensinya. Intinya, saat dewasa semua yang kita lakukan telah melalu pemikiran dan pertimbangan yang matang.

  1. Mulai Merasa Kesepian

Ketika kita menjadi dewasa, hal yang bersangkutan dengan kesepian mulai menjadi jadi dalam hidup. Satu persatu teman kita mulai menghilang dari peredaran, hal itu terjadi bukanlah karena kesalahan kita, melainkan adalah sebuah kenyataan yang harus kita terima. Teman teman yang dulunya selalu bermain bersama kita kini mulai sibuk dengan kegiatan masing masing, dan mulai mengejar cita-cita.

  1. Tanggung jawab mulai singgah dipikiran kita

Semakin kita dewasa, kita mulai memikirkan tuntutan tuntutan hidup, mulai dari makan, bahkan sampai membayar tagihan bulanan. Kita tidak lagi hanya sekedar memikirkan masalah yang kunjung bertambah, tapi juga harus memikirkan bagaimana solusi. Jika kita tenang menghadapinya, kita tentunya dapat dengan cantik melewati berbagai masalah dan tanggung jawab yang menghinggapi hidup kita.

  1. Kita tidak lagi punya back up seperti dulu

Setelah menjadi dewasa, kita tidak lagi mendapatkan perlindungan seperti dulu, perlindungan itu bukan hanya pembelaan, tapi juga dari segi keuangan. Disini kita mulai menjadi sosok pribadi yang tangguh, kerasnya hidup kita membuat kita kuat dengan sendirinya.

  1. Mencari pasangan bukan lagi untuk bermain main

Dulu kita sering mengalami, mencari pacar atau pasangan kadang hanya sekedar iseng, biar nggak diledek teman ataupun hanya untuk gengsi semata. Merujuk ke poin 10, disaat kita mulai merasa kesepian kita mulai mencari seseorang untuk mengisi kekosongan dalam hidup kita. Kita mulai mengerti bagaimana mencari pasangan yang sungguh-sungguh dan benar benar bisa menjadi teman hidup kita.

  1. Bahagia tidak hanya mengenai uang

Semakin dewasa kita akan berpikir, hidup bukan lagi mengenai uang, walaupun kenyataannya semua memang butuh uang, tapi kebahagiaan tidak selalu berpatokan kesana. Saat kita menyadari tidak semua bisa didapatkan dengan uang, kita akan menghargai orang orang disekeliling kita, kita akan menghargai kebahagian mereka juga. Uang dapat membeli dunia, tapi tidak dengan isinya, uang dapat membeli teman, tapi tidak dengan kebersamaannya.

Itulah beberapa hal yang menandakan kita semakin dewasa, bukan dari segi umur, melainkan dari segi tindakan dan perkataan, bagaimana kita menghadapi kenyataan hidup, dan bagaimana kita menemukan solusinya.

Terima Kasih 🙂

perdyzeb

Seorang pemuda paruh baya yang mencoba menjadi seorang Internet Marketer

2 thoughts on “14 Tanda Kamu Sudah Dewasa

    • September 5, 2017 at 3:47 am
      Permalink

      Imbangi antara dunia maya dan dunia nyata gan..
      bnyak2 nongkrong dan banyak main dluar rumah gan

      Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: