Cara Mudah Pasang Google Adsense di Blog WordPress

Google Adsense (GA) merupakan cara paling populer yang digunakan untuk memonetisasi blog atau website kita. Sampai saat ini saya melihat bahwa google adsense memiliki masa depan yang saat cerah untuk publishernya. Dengan memasang kode iklan dari google adsense kita dapat menghasilkan uang melalui blog kita. Memasang kode merupakan hal yang mudah, bagian tersulitnya adalah diterima oleh google untuk menjalankan program iklan GA,  banyak persyaratan yang diperlukan untuk diterima oleh GA dan bahkan butuh keberuntungan juga untuk diterima di program iklan milik google ini.

Kali ini saya tidak akan membahas bagaimana cara agar diterima oleh google adsense, karena kebetulan saya masih dalam tahap review ke-dua. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara kita memasang dan memaksimalkan iklan, sehingga kita dapat menghasilkan uang dari blog kita sendiri.

Apa itu Google Adsense?

GA adalah jaringan pengiklan yang dijalankan oleh Google, yang memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk menampilkan iklan di blog ataupun website dan merogoh keuntungan dari iklan yang ditampilkan tersebut. Iklan dapat berupa teks, gambar, bahkan video.

GA adalah program iklan gratis. Semuanya telah diatur oleh Google, sehingga kita tidak perlu lagi berurusan dengan pengiklan. Kita cukup mendaftar dan memenuhi syarat-syarat, jika kita beruntung maka kita akan diperbolehkan untuk menampilkan iklan dari GA.

Untuk sistemnya sendiri, kita ditawarkan sistem kerjasama, dimana bayarannya akan diambil oleh google, dan selebihnya akan dikirim ke kita melalui Paypal ataupun Wire Transfer.

Kenapa harus Google Adsense?

GA merupakan media untuk publisher yang 100% gratis untuk digunakan, dan tentunya kita sebagai blogger sangat menikmati dan menyukai hal yang gratis.

GA memberikan kita kemudahan untuk mengontrol dan mengkustomisasi iklan kita, kita bebas untuk mengatur ukuran dan jenis iklan yang akan kita tampilkan. Iklan yang ditampilkan juga berdasarkan minat dari user atau pengunjung blog kita, sehingga kita tidak perlu gonta ganti jenis iklan yang ingin kita tampilkan (tiap pengunjung berbeda bentuk iklan).

Alasan lain mengapa saya sendiri menggunakan GA, karena peluang kedepannya sangat bagus, apalagi ditambah dengan kemajuan teknologi saat ini, advertiser semakin berlomba untuk menayangkan iklannya di dunia maya.

Cara Mendapatkan Kode Google Adsense:

Untuk mendapatkan kode GA tentunya kita harus menjadi publisher dulu. Pendaftaran menggunakan akun Gmail, dan jika sudah memilikinya, teman-teman bisa mendaftar disini. Jika telah mengirimkan formulir pendaftaran, teman-teman harus menunggu 3 hari bahkan lebih untuk email pemberitahuan selanjutnya.

Kita anggap teman-teman telah diterima, langkah selanjutnya adalah login ke akun Adsense teman-teman untuk mendapatkan kode iklannya.

Klik lah menu My Ads dan kemudian lanjutkan dengan mengklik Unit Iklan Baru

Google Adsense Dashboard
Dashboard Credit Google Adsense

Kita akan menjumpai 3 jenis iklan yang bisa kita pilih:

Jenis Iklan Google Adsense
Tipe Iklan Credit by Google Adsense
  1. Teks & Display Ads
    Jenis iklan ini biasa dipakai untuk widget pada blog
  2. In-Feed Ads
    Iklan akan ditampilkan diantara post kita dalam beranda blog
  3. In-article Ads
    Iklan akan tampil sebagai bagian dalam artikel dalam blog kita

Saya pilih yang pertama, karena saya ingin menampilkan iklan pada sidebar sebelah kanan.

Customize Ads Google Adsense
Customize Ads Credit By Google Adsense

Kemudian teman-teman bisa memilik bentuk dan jenis iklan yang ingin teman-teman tampilkan nantinya, bergambar dan ada teks, atau hanya murni teks saja. Teman-teman juga bisa memilih, apakah semua otomatis ditentukan oleh Google.

Tinggal isikan nama, simpan dan akan muncul tulisan Ads Successfully Create, kemudian teman-teman dapat menjumpai kode iklan teman-teman.

Kode Iklan Google Adsense
Kode Iklan Credit by Google Adsense

Memasang Kode Iklan di Blog ber-platform WordPress

Sekarang saatnya menentukan dimana teman-teman akan memasang iklannya, kalau saya sendiri biasa menempatkan iklan di sidebar. Untuk menambahkan iklan di sidebar, kita dapat menggunakan widget yang disediakan masing masing tema.

Silahkan teman-teman log in ke Dashboard WordPress teman-teman, kemudian pilih menu Appearance –> Widget. Kemudian tambahkan widget Custom HTML ke sidebar teman-teman, dan pastekan kode yang didapat dari google adsense tadi.

Widget WordPress
Widget WordPress Credit by WordPress

Semoga artikel ini bermanfaat oleh teman-teman blogger, dan menjadi buat berkah bagi saya yang membuatnya.

Untuk tutorial agar diterima sebagai publisher Google Adsense, nanti akan saya bagikan andaikan saya diterima 🙂

Terima Kasih

perdyzeb

Seorang pemuda paruh baya yang mencoba menjadi seorang Internet Marketer

Leave a Reply

%d bloggers like this: