Hacker Hati-Hati dalam Menggunakan Credit Card dan PayPal

Dalam dunia yang sudah sangat modern ini, semuanya serba instant, apapun itu, termasuk dalam pembayaran. Kita tidak lagi perlu membawa uang satu koper kemana mana, cukup dengan satu kartu dan satu akun saja, kita dapat membayar dan membeli semuanya secara instant, baik online atau pun offline.

Sebelum kepembahasan, setidaknya kita tahu dulu pengertian dari Credit Card dan Paypal itu sendiri. Credit Card adalah suatu hal yang berharga atau fasilitas keuangan yang dikeluarkan oleh suatu Instansi/Bank tersendiri untuk dipergunakan oleh perorangan/nasabah yang mana isinya biasa memberikan hak dan kewajiban bagi pemegang kartu tersebut yaitu pemegang kartu berhak dalam mendapatkan uang sesuai dengan yang dikeluarkan bank atas kesepakatan bersama dan pemegang kartu juga berkewajiban membayar atas seluruh/sebagian uang tersebut tercantum baik secara pelunasan maupun dengan cara diplat/dicicil. PayPal adalah jasa penengah atau biasa disebut dengan istilah “broker” paling populer di dunia saat ini untuk transaksi online. Paypal dapat di gunakan dalam berbagai transaksi seperti untuk bisnis online, jual beli barang, membeli software, menerima pembayaran dari pihak lain secara online. Paypal jauh lebih cepat dari pada cek atau money order. Lebih dari 99 juta pengguna internet lebih memilih PayPal untuk mengirim dan menerima uang. PayPal telah mendapatkan kepercayaan dan kenyamanan untuk transfer uang online, hampir 95% pembayaran eBay menggunakan PayPal. eBay sendiri menggunakan PayPal sebagai perantara pembayaran lelang online mereka. Hari ini, PayPal telah menjadi alat pembayaran terbesar di dunia dengan lebih dari jutaan account. PayPal dapat digunakan di 190 negara dan 17 mata uang yang berbeda di seluruh dunia. PayPal juga mendukung e-commerce global yang memungkinkan transaksi dengan lokasi, mata uang, dan bahasa yang berbeda di seluruh dunia.

Tapi, tahukah sobat ke-instant yang ada tersebut dapat membuat kita lengah tentang gelapnya dunia dibaliknya. Berbagai tangan mencoba untuk menjamah dunia instant tersebut, untuk mendapatkan yang instant tanpa menggunakan uang sendiri.

Untuk mengetahui itu, saya sendiri mencoba survey ke beberapa situs underground yang berisi hacker, carder, dan bahkan scammer (tidak dapat disebutkan). Saya menemukan berbagai macam jenis Credit Card, diperjual belikan hanya dengan harga kisaran Rp. 100.000. Harga yang cukup murah menurut saya.

Screenshot (72) Screenshot (73)

Mereka mendapatkan Credit Card dengan melakukan hacking terhadap situs-situs yang memiliki kelemahan sistem, baik server maupun OS nya, disana Hacker berperan. Hacker adalah orang yang gemar ngoprek komputer, memiliki keahlian membuat dan membaca program tertentu, dan terobsesi mengamati keamanan (security)-nya. Hacker memiliki wajah ganda; ada white hacker ada black hacker. White Hacker memberi tahu kepada programer yang komputernya diterobos, akan adanya kelemahan-kelemahan pada program yang dibuat, sehingga bisa “bocor”, agar segera diperbaiki. Sedangkan, Black Hacker, menerobos program orang lain untuk merusak dan mencuri datanya. Teknik yang mereka gunakan beragam, mulai dari SQL Injection, Sniffing, dan memanfaatkan kebiasaan manusia tentang daya ingat akan password (Untuk PayPal).

Ketika Credit Card dan PayPal didapatkan, pekerjaan pun akan dilanjutkan oleh Carder. Carder adalah orang adalah berbelanja menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain, yang diperoleh secara ilegal, biasanya dengan mencuri data di internet. Sebutan pelakunya adalah Carder. Sebutan lain untuk kejahatan jenis ini adalah cyberfraud alias penipuan di dunia maya. Menurut riset Clear Commerce Inc, perusahaan teknologi informasi yang berbasis di Texas – AS , Indonesia memiliki carder terbanyak kedua di dunia setelah Ukrania. Sebanyak 20 persen transaksi melalui internet dari Indonesia adalah hasil carding. Akibatnya, banyak situs belanja online yang memblokir IP atau internet protocol (alamat komputer internet) asal Indonesia.

Tentunya untuk saat ini kita sebagai bagian dari dunia yang berkembang ini, tidak asing dengan berbelanja Online, sebenarnya disana lah ladang mereka sobat, ladang Credit Card, mereka ibarat bertanam disana, menuai hasil di e-mail mereka. Karena hal tersebut kita harus berhati hati dalam berbelanja, jangan asal isi gesek dan masukkan password.

Tidak ada salahnya bertanya dan mengetahui tentang hal ini. Ini bukan hal untuk melakukan kejahatan, tapi tidak ada salahnya untuk berpikir seperti hacker dan carder. Karena mereka kreatif sobat, tidak 1 jalan ke roma, pepatah itu sangat mereka pahami. Sobat juga harus tau, bahwa hacker dan carder merupakan manusia yang memiliki Skill Social Engineering Tinggi.

Sumber

perdyzeb

Seorang pemuda paruh baya yang mencoba menjadi seorang Internet Marketer

4 thoughts on “Hacker Hati-Hati dalam Menggunakan Credit Card dan PayPal

Leave a Reply

%d bloggers like this: