Review Hacker: Ketika Cyber War bisa diakses Melalui Smartphone

Hacker merupakan game yang didevelopment oleh sebuah tim kecil yang merupakan sebuah developer game indie dulunya. Hacker didevelopment menggunakan Unity Engine, dulunya game ini sempat ditunda, karena game ini bukanlah sebuah project utama untuk bagi para developernya, dan akhirnya game ini resmi diluncurkan pada tanggal 16 April 2016. Game ini tersedia untuk platform android dan IoS dan di development oleh Trickster.

Story

Game ini bermaksud menunjukkan bagaimana hacking jika dirubah kedalam bentuk interface yang sangat berbeda dengan kenyataan di dunia nyata. Di dunia nyata kita akan menjumpai hacking menggunakan banyaknya code dan kemampuan programming yang tinggi. Tapi, di game yang satu ini kita akan menjumpai bahwa melakukan hacking ke orang lain sangatlah mudah, dibantu oleh seorang bernama Marty kita akan belajar untuk menjadi seorang hacker yang pro.

Hacking is Easy

Setelah loading awal yang menurut saya cukup melelahkan untuk ditunggu, kita akan langsung disuguhkan dengan sebuah globe dan seorang yang terus menerus mengirimi kita pesan bernama marty (saya sendiri menganggap marty seorang mentor) kita akan diarahkan untuk memilih lokasi kita di globe, disana tersedia hampir semua negara, jadi kita bebas untuk memilih lokasi ip kita nantinya.

Hacker games by Trickster

Karena saya orang Indonesia yang bangga akan negara sendiri, tentu saja langsung memilih lokasi negara saya, kemudian mengisi sebuah nickname yang menjadi kebanggaan saya di dunia maya. Setelah identitas kita sebagai hacker lengkap, kita akan langsung dibawa menuju sebuah tempat yang di sebut sebagai sebuah komputer berbasis cloud system. Disana kita akan diberi pengertian tentang sebuah core yang dilindungi firewall dan beberapa antivirus. Mungkin bisa kita anggap kalau core adalah sebuah pusat database dari sebuah sistem. Ketika sampai pada arena permainan, mata saya langsung tertuju pada 3 mata uang yang dipakainya, mata uang nya yaitu Cash (Uang) B-Coin (mungkin bitcoin) Credit, cukup banyak kalau menurut saya, maklum sekelas game android biasanya memakai hanya 2 mata uang saja.

Hacker games by Trickster

Diawal permainan kita akan diberikan tutorial yang menurut saya cukup membuat kita mengerti bagaimana skema permainan tersebut, kita akan diberikan tutorial membangun server kita, membangun perlindungan sampai cara mendapatkan Cash dan B-Coin, untuk Credit sendiri hanya bisa dibeli melalui In-App Purchase atau hadiah event game saja. Dengan mendapatkan Cash dan B-Coin kita dapat membangun alat tempur kita, untuk melakukan serangan pada komputer lainnya.

Pada dashboard pemain, kita akan menjumpai menu Build yang berguna untuk membangun komputer kita, disana 4 buah sub menu yang terdiri dari Business (Untuk Menambah Cash dan B-Coin), Security (Untuk Pertahanan), Hacking (Untuk Penyerangan), Black Market (Tempat berbelanja menggunakan Credit).

Hacker games by Trickster

Diatas Menu Build kita akan menjumpai menu yang berlambangkan Biohazard (kayak di resident evil), menu ini berfungsi untuk kebutuhan membuat dan membangun program yang akan kita gunakan untuk penyerangan ke komputer lawan. Saat kita membuat program, kita akan dibatasi dengan program yang tersedia saja, tentunya program akan dibuat dengan biaya dari B-Coin, harganya bermacam macam tergantung kegunaannya masing-masing.

Hacker games by Trickster

Ketika kita telah berada di tingkat yang berbeda, kita juga akan menjumpai berbagai musuh yang yang lebih kuat, untuk itu kita nantinya akan membutuhkan program dengan kemampuan yang lebih tinggi. Disini lah kita akan mempergunakan tab Development, dimana kita bisa membangun program dengan kemampuan yang lebih tinggi, sayangnya Development Program membutuhkan biaya B-Coin yang sangat besar dan beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Hacker games by Trickster

Kita juga dapat melihat profil kita sebagai hacker, tentang skill, kesuksesan dan kegagalan kita dalam melakukan hacking, kita juga dapat melihat seberapa banyak Cash dan B-Coin yang telah kita renggut dari komputer lawan, bisa dibilang untuk tampilan profilnya sudah sangat lengkap jika andainya kita ingin menikmati kesuksesan dalam dunia hacker.

Hacker games by Trickster

Ketika kita melakukan hacking pada komputer lawan yang kita jumpai di World, kita akan dihadapkan dengan berbagai puzzle yang menuntut kita berpikir cepat (Setiap kegiatan penetrasi dibatasi waktu), setiap detiknya berharga ketika kita telah melakukan koneksi ke komputer lawan. Penyerangan akan dikategorikan berhasil saat kita telah berhasil menguasai inti (core) musuh dan dinyatakan gagal jika terjadi yang sebaliknya. Sayangnya kita tidak dapat melakukan penghapusan log saat kita melakukan hacking, jadi this is easy but it’s not real.

Hacker games by Trickster

Konsep GUI yang sangat menawan

Hacker games by Trickster

Diciptakan dengan konsep GUI, kita akan merasakan bagaimana kita berada dalam sebuah sistem. Game ini merubah hacking menjadi sebuah game puzzle yang menuntut kita berpikir cepat. Dibutuhkan pengambilan keputusan yang tepat pada waktu yang relatif singkat. Hacker memberikan kita pengalaman lain saat bermain game dengan konsep serupa, mereka merubah beberapa perinta eksekusi yang sangat familiar dalam hacking menjadi bangunan-bangunan yang unik, yang tentu saja akan membuat kita mudah mengingatnya.

Hacker selalu ingin hasil yang Cepat

Hacker games by Trickster

Kita tidak akan menemui hal ini dalam game, saat sesuatu yang berhubungan dengan hacker adalah sebuah jalan pintas, di game ini kita tidak akan mendapatkannya, kita tidak akan menemukan manfaat copy and paste dalam game ini. Setiap kita membutuhkan program yang sama, kita harus melakukan compile ulang yang tentunya itu membuang buang waktu. Terlalu banyak waktu yang terbuang sehingga kita dapat melakukan serangan beruntun kepada komputer musuh, kita tidak akan menemui super komputer dan kemampuan multi tasking lainnya. Disini cepat hanya akan berubah menjadi sebuah istilah saja. Kita tidak lagi mendapatkan hal tersebut karena game ini yang bersifat real time strategy. RTS akan membuat game ini menjadi membosankan jika dimainkan dalam waktu yang lama.

perdyzeb

Seorang pemuda paruh baya yang mencoba menjadi seorang Internet Marketer

Leave a Reply

%d bloggers like this: