Review: Photo Editor Terbaik 2017 (Free)

Sebagai makhluk yang lebih sering berada di dunia maya, kita bisa dibilang banyak membagikan foto kita pada teman teman. Hal tersebut tidak terlepas dari hasil foto yang bagus, tentunya memerlukan sebuah kamera dan fotografer yang juga sangat luar biasa bagusnya.

Tidak semua dari kita bisa membeli sebuah kamera yang bagus dan menyewa seorang fotografer profesional untuk kepentingan foto-foto instagram kita, atau sekedar mengikuti kita travelling. Demi kebutuhan akan foto, akhirnya foto editing menjadi sebuah pilihan terakhir yang kita gunakan sobat.

Berikut saya merangkum beberapa foto editor gratis terbaik di awal tahun 2017, mulai dari fitur yang simpel, mudah digunakan, sampai fitur terlengkap. Jika seandainya nanti foto editor sobat tidak masuk list dibawah, silahkan komen yah 😉

1. Adobe Photoshop Express

Photoshop Express adalah sebuah aplikasi yang sangat berbeda dengan yang biasa kita jumpai. Kita dapat menjumpai aplikasi ini pada windows store, bahkan include saat instalasi windows 10 anniversary.
Pada aplikasi ini, kita tidak akan menjumpai tools editing tingkat lanjut. Walaupun aplikasi ini begitu simpel, tapi filters nya sangat bagus. Jika sobat menginginkan lebih, sobat dapat membeli layaknya sebuah item dalam game.

2. XnRetro

Sesuai namanya (Xnretro), aplikasi ini akan membuat foto kita menjadi foto bergaya klasik. Kita bisa menggunakan filternya hanya dengan sekali klik saja, simpel bukan? Atau kita juga bisa mengatur keseimbangan warna, contrast dan lainnya. Jika nanti sobat berubah pikiran, sobat bisa melakukan reset pada keadaan semula dan melakukan editing
Sayangnya, kita tidak dapat melakukan penyimpanan setting untuk dapat digunakan lagi nantinya.

3. On1 Effects 10.5 Free

Aplikasi ini merupakan versi gratis dari On1 Effects 10. Pada versi gratisnya, kita dibatasi beberapa filter saja, tapi aplikasi ini tetap recommended.
Fitur menarik pada aplikasi ini yaitu filternya yang bisa kita aplikasikan pada satu area saja, tidak seperti aplikasi lainnya yang mengharuskan kita seluruh area foto.

4. Google Nik Collection

Pada tahun 2012, aplikasi ini dibeli oleh Google dari Developer German, ini merupakan sebuah plugin berbayar pada awalnya. Tapi pada awal 2016, google melepasnya menjadi sebuah aplikasi editor gratis.
Uniknya aplikasi ini dapat digunakan sebagai plugin pada photoshop atau menjadi sebuah aplikasi. Ketika kita menginstall aplikasi ini, kita tidak akan bisa menemukannya pada list windows app, kita harus mencarinya pada C:\\Program Files\Google\Nik Collection dan untuk mengedit foto, kita harus menarik foto tersebut ke file EXE dari Nik Collection.

Baca Juga: Acer Predator 21x, laptop anak para sultan

Untuk fiturnya sendiri, kita mendapatkan lens and film emulator Analog Efex; colour corrector Color Efex; monochrome converter Silver Efex; noise reducer Dfine; selective colour tweaker Viveza; and Sharpener and HDR Efex.

5. Pixlr Editor

Pixlr Editor merupakan sebuah web app, jadi kita tidak membutuhkan instalasi. Kita bisa menggunakan semua browser yang support Flash dan tentunya Koneksi Internet yang cukup Stabil. Fitur pada aplikasi ini yaitu, edit layers, masks, clone stamps, selection tools, dan lainnya. Bahkan kita bisa membuka beberapa tab, untuk mengedit beberapa image sekaligus.

6. Photo Pos Pro

Walaupun namanya Photo Pos Pro, aplikasi ini masihlah sebuah aplikasi yang free alias gratis. Aplikasi ini memiliki tampilan yang mudah diakses. Jika tampilan standardnya masih sulit, aplikasi ini menyediakan tampilan bagi pemula.
Aplikasi ini tidak di fokuskan pada penggantian filter pada foto atau gambar, melainkan berfokus pada peningkatan kualitas gambar. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang mirip dengan Adobe Photoshop, yaitu menghapus bagian yang tidak diinginkan secara manual.
Sayangnya Photo Pos Pro Free Edition memiliki beberapa kekurangan, seperti hanya tersedia 1 layer, dan Resolusi Maksimum yang dapat disimpan hanya 1024 x 2014 pixels. Jika sobat ingin mendapatkan yang premium Edition, sobat cukup membayar sekitar US$19,90.

7. Paint.NET

Saya teringat sebuah pepatah, jangan menilai sesuatu dari covernya, pepatah ini layak disematkan pada aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini bukanlah aplikasi microsoft yang sering kita temui dalam aplikasi bawaan windows.
Pada Paint.NET terdapat layer, 3D rotate/zoom, dan filters, ditambah lagi dengan sebuah komunitas yang membuat plugins untuk Paint.NET
Mungkin menurut sobat masih simpel, tapi aplikasi ini sangat berguna ketika kita memiliki Video Card dan RAM yang terbatas.

8. GIMP

Aplikasi ini sudah ada sejak 20 Tahun yang lalu, berkembang dan terus berkembang tahun ke tahunnya, walau aplikasi ini gratis, GIMP tetap memiliki segudang fitur yang tidak kalah dengan aplikasi berbayar.
Jadi menurut pendapat saya pribadi, GIMP merupakan aplikasi terbaik yang gratis untuk Windows, karena aplikasi ini sangat User Friendly dan masih dalam tahap pengembangan oleh tim Developernya.

Itulah aplikasi terbaik menurut saya pribadi, jika sobat memiliki aplikasi yang terbaik menurut sobat, silahkan dicoret dibawah. Terima Kasih ?

perdyzeb

Seorang pemuda paruh baya yang mencoba menjadi seorang Internet Marketer

Leave a Reply

%d bloggers like this: